Cupboard atau ada juga yang menyebutnya dengan lemari arsip adalah salah satu furniture kantor yang berbentuk empat persegi panjang dan ada pula yang berbentuk persegi empat yang diletakan secara vertikal yang terdiri atas susunan rak-rak. Biasanya lemari ini dibuat dari bahan baja atau jenis metal yang lainnya , hal ini di maksudkan  untuk menghindari dari bahaya kebakaran dan menjaga dari kelembaban. Fungsi dari Cupboard atau lemari kantor adalah untuk menyimpan berbagai dokumen seperti Ordner, Buku, kamus, berkas-berkas, dll. Rak-rak yang terdapat di dalam lemari di gunakan untuk menyusun berkas-berkas atau arsip agar tersusun rapih. Cupboard atau lemari arsip terdiri dari beberapa jenis seperti Lemari Arsip tipe Swing Door (Pintu Ayun), Lemari Arsip tipe Slidding Door ( Pintu Geser), Lemari Arsip Tipe Slidding Door Dengan Kaca.

Lemari Arsip tipe Swing Door (Pintu Ayun) adalah tipe lemari arsip yang memiliki 2 pintu biasa yang dapat membuka-menutup dengan cara didorong ke depan atau ditarik kebelakang dengan putaran satu arah maupun dua arah. Di kedua sisi atas bagian dalam pintu terdapat pengait yang berfungsi untuk mengunci lemari. Di dalam lemari arsip tipe swing door ini terdapat 1 rak untuk tipe lemari arsip yang berukuran kecil atau 3 rak untuk tipe lemari arsip berukuran besar. Kelebihan dari pintu swing adalah engsel lebih mudah dipasang dibanding pintu folding atau lipat dan perawatannya lebih mudah karena tidak ada bantalan rel. Kekurangannya adalah butuh ruang mengayunkan pintu untuk membuka pintu.

Lemari Arsip tipe Sliding Door (Pintu Geser) adalah tipe lemari arsip yang cara membukanya dengan menggeser pintu ke samping kanan atau kiri. Pintu geser ini biasanya dipergunakan pada ruang yang sempit karena tidak memerlukan ruang untuk mengayunkan pintu seperti pintu swing. Di bagian dalam tengah pintu ada pengait yang berfungsi untuk mengunci pintu dan di bagian bawah pintu terdapat bantalan rel yang berfungsi untuk mengeser pintu. Di dalam lemari arsip tipe sliding door ini sama persis seperti tipe swing door, 1 rak untuk lemari arsip yang berukuran kecil dan 3 rak untuk lemari arsip yang berukuran besar. Kelebihan dari tipe sliding door ini adalah memberikan kesan yang rapih pada ruang yang sempit. Kekurangannya adalah pemasangannya lebih sulit dan memerlukan struktur bantalan yang kuat untuk menggantung, dan dapat merepotkan bila roda keluar dari rel pengaman.

Lemari Arsip tipe Sliding Glass Door (pintu geser dengan kaca) adalah tipe lemari arsip yang fungsinya sama dengan lemari arsip tipe sliding door, bedanya pada dinding pintu lemari arsip menggunakan list kaca sehingga terlihat jelas bagian dalam lemari dan terkesan lebih elegan. Cupboard atau lemari arsip unggulan adalah dari merk Daiko,  Jenis atau tipe dari merk Daiko ini adalah Cupboard Swing Door Daiko CD-202, Cupboard Swing Door Daiko CD-302, Cupboard Sliding Door Daiko CD-203, Cupboard Sliding Door Daiko CD-303, dan Cupboard Sliding Glass Door CD-201, Cupboard Sliding Glass Door CD-301.

 

 

Leave a Reply